Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Wecome Sahabat Boerjoe di Portal Ini! : RAJATOTO88 Bandar Togel Bebas Invest Resmi Terpercaya Pasti Bayar!

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan – Balanced Scorecard atau BSC adalah metode pengukuran hasil bisnis yang banyak digunakan dalam manajemen bisnis. Metode ini pada awal tahun 1990an Dr. Robert Kaplan dan David Norton dari Harvard Business School.

Balanced Scorecard berasal dari kata Balance dan Scorecard. Awalnya, BSC digunakan untuk meningkatkan sistem pengukuran kinerja eksekutif. Melalui BSC, perusahaan dapat mengukur kemajuan dan pencapaian strategi yang telah ditetapkan.

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Keunggulan utama BSC adalah memberikan pandangan komprehensif mengenai kinerja perusahaan. Ini membantu perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif dengan informasi akurat yang mencerminkan strategi dan kerja tim.

Balance Scorecard: Pengertian, Perspektif, Karakteristik

Awalnya BSC digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Namun, kinerja BSC mencakup empat perspektif: keuangan, proses bisnis internal, pelanggan, serta pembelajaran dan pengembangan. Fungsi utama BSC adalah sebagai berikut:

Meskipun BSC mempunyai kelemahan seperti data yang terkadang tidak akurat, namun BSC tetap menjadi alat ukur yang penting dalam dunia bisnis.

BSC dapat diterapkan oleh berbagai perusahaan, mulai dari tingkat manajemen eksekutif hingga tingkat departemen. Proses pengembangan BSC mencakup langkah-langkah seperti pembuatan visi, tujuan strategis, faktor penentu keberhasilan dan indikator kinerja.

BSC membantu perusahaan menetapkan tujuan, mengukur kinerja, dan mengidentifikasi tindakan yang diperlukan. Ini adalah alat sederhana namun penting yang harus digunakan oleh bisnis, termasuk usaha kecil.

Lean Healthcare Indonesia: Balanced Scorecard

Demikian ulasan singkat mengenai Balanced Scorecard yang perlu Anda pahami dan terapkan di perusahaan atau bisnis Anda. Balanced Scorecard (BSC) pertama kali dikembangkan pada tahun 1992 oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton. Didirikan sebagai BSC. Alat pengukuran kinerja yang memungkinkan para eksekutif melihat bisnis dari berbagai sudut secara bersamaan.

Kaplan dan Norton mendefinisikan BSC sebagai serangkaian pengukuran yang memberikan pandangan cepat namun komprehensif kepada manajer tentang perusahaan. Dimensi ini melihat unit bisnis dari empat perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis, serta pembelajaran dan pengembangan.

Balanced Scorecard digunakan untuk membantu mengukur dan mencapai tujuan sebagai hasil dari empat perspektif bisnis tersebut. Perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi faktor-faktor penghambat kinerja bisnis dan merencanakan perubahan strategis berdasarkan penilaian yang diperoleh.

See also Contoh Implementasi Get Keep And Grow Di Suatu Perusahaan

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Perusahaan dapat menggunakan BSC untuk pemetaan strategis guna mengidentifikasi area yang memerlukan nilai tambah. Perusahaan juga menggunakan BSC untuk mengembangkan tujuan strategis.

Apa Itu Balance Scorecard? Pengertian Dan Contoh 2023

Dari perspektif keuangan, tujuan perusahaan adalah memastikan bahwa perusahaan memperoleh laba atas investasi dan mengelola risiko yang melekat dalam menjalankan bisnis. Tujuan ini dapat dicapai dengan memenuhi kebutuhan seluruh pemangku kepentingan dalam bisnis, seperti pemegang saham, pelanggan, dan pemasok.

Pemegang saham merupakan bagian integral dari perusahaan karena mereka adalah pemberi modal. Jika perusahaan mencapai kesuksesan finansial, mereka akan bahagia. Pemegang saham ingin memastikan bahwa perusahaan terus menghasilkan pendapatan dan mencapai tujuan seperti meningkatkan laba dan menghasilkan aliran pendapatan baru. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dapat memperkenalkan produk dan layanan baru, meningkatkan nilai bisnis, dan mengurangi biaya operasional bisnis.

Persepsi pelanggan mengontrol bagaimana perusahaan mengevaluasi pelanggannya dan menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanannya. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu perusahaan. Seberapa baik suatu perusahaan memperlakukan pelanggannya dapat mempengaruhi keuntungannya.

Banyak strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan reputasinya di mata pelanggan antara lain dengan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, dan menyesuaikan harga produk dan layanannya.

Balanced Scorecard Untuk Menyusun Kpi

Proses bisnis internal menentukan seberapa baik perusahaan beroperasi. BSC mempertimbangkan tindakan dan tujuan yang dapat membantu perusahaan untuk bekerja secara efisien. Ini juga membantu untuk mengevaluasi produk atau layanan perusahaan dan menentukan apakah produk atau layanan tersebut memenuhi standar yang diinginkan pelanggan. Bagian penting dari visi ini adalah menjawab pertanyaan: “Apa yang bisa kita lakukan?”

Jawaban atas pertanyaan ini dapat membantu perusahaan meningkatkan strategi pemasarannya dan menerapkan inovasi yang mengarah pada cara-cara baru dan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pembelajaran dan pengembangan organisasi penting dalam meningkatkan tujuan dan sasaran dengan hasil yang bermanfaat. Personil dalam organisasi harus mampu menunjukkan kinerja yang tinggi dalam hal kepemimpinan, budaya organisasi, pengetahuan dan pengalaman. Hal ini dapat ditingkatkan dengan belajar terus menerus.

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Analisis HAMA/PESTLE Terbaik Contoh Slide PowerPoint Profil Perusahaan Menarik Contoh Slide Presentasi PowerPoint Slide Presentasi Rencana Bisnis yang Menarik dan Profesional Masalah Umum di Dunia Bisnis Saat Ini Cara Akurat Namun Efektif Mengukur Kinerja Menggunakan PowerPoint Found Management Dalam dunia bisnis saat ini, hampir semua orang sepakat dengan diperlukannya metode yang akurat dan efisien, salah satunya adalah Balanced Scorecard.

Pdf) Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan (studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Konstruksi)

Faktanya, sebagian besar perusahaan modern tahu cara menciptakan model dan sistem yang lebih baik yang meningkatkan segalanya mulai dari komunikasi hingga operasional sehari-hari.

Namun beberapa dari perusahaan ini tidak tahu harus mulai dari mana setelah menerapkan model dengan berbagai metode pengembangan.

Lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Balanced Scorecard dan bagaimana Anda dapat menggunakannya dalam bisnis Anda.

See also Contoh Email Penawaran Ke Perusahaan

Balanced Scorecard sering digunakan dalam perencanaan strategis untuk memastikan bahwa upaya perusahaan selaras dengan strategi dan visinya secara keseluruhan.

Balanced Scorecard: Pengertian, Prespektif, Cara Buat, Dan Contoh

Ini diciptakan untuk membantu perusahaan mengevaluasi aktivitas mereka dengan pandangan finansial langsung terhadap pendapatan, pengeluaran, dan keuntungan.

Balanced Scorecard tradisional mengkaji inisiatif perusahaan dari empat perspektif berbeda: keuangan, pembelajaran dan pengembangan, proses bisnis, dan pelanggan.

Kegiatan-kegiatan ini dicatat dalam tabel yang sesuai dengan ukuran, tujuan dan sasaran khusus untuk pengumpulan dan analisis data. Kegiatan-kegiatan tersebut kemudian dapat dievaluasi dan dievaluasi dengan baik.

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Balanced Scorecard pertama kali dikembangkan oleh Drs. Robert Kaplan dari Universitas Harvard dan Dr. David Norton sebagai kerangka pengukuran kinerja organisasi dengan seperangkat ukuran kinerja yang lebih seimbang.

Apa Itu Balance Scorecard (bsc)?

Pendekatan baru terhadap manajemen strategis ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Kaplan dan Norton mengembangkan karya Art Schneiderman di Analog Devices.

Menyadari beberapa kekurangan dan ketidakpastian pendekatan manajemen sebelumnya, pendekatan Balanced Scorecard memberikan resep yang jelas mengenai apa yang harus diukur perusahaan untuk menyeimbangkan prospek keuangan mereka.

“Balanced Scorecard tumpang tindih dengan ukuran-ukuran keuangan tradisional. Namun ukuran-ukuran keuangan menceritakan kejadian-kejadian di masa lalu, sebuah cerita yang cukup bagi perusahaan-perusahaan di dunia industri untuk berinvestasi dalam peluang-peluang jangka panjang dan hubungan pelanggan yang paling penting. Namun, ukuran-ukuran keuangan ini menceritakan pelanggan, tidak cukup untuk memandu dan menilai perjalanan yang harus dilakukan perusahaan di era informasi untuk menciptakan nilai masa depan melalui investasi pada pemasok, karyawan, proses, teknologi, dan inovasi.

Bagi sebagian besar organisasi yang berorientasi pada keuntungan, uang dan keuntungan selalu menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, visi yang lebih tinggi berkaitan dengan tujuan finansial.

Pdf) Penerapan Balance Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Perusahaan (studi Kasus

Pada prinsipnya, setiap tujuan penting terkait kesehatan keuangan dan kinerja perusahaan dapat dimasukkan dalam tinjauan ini.

Pendapatan dan keuntungan adalah tujuan yang jelas yang dicantumkan sebagian besar organisasi dalam visi ini. Tujuan keuangan lainnya mungkin termasuk:

Dengan kata lain, apa yang Anda perlukan dalam kaitannya dengan pelanggan dan merek Anda jika Anda ingin mencapai tujuan keuangan Anda?

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Proses apa yang perlu Anda terapkan untuk memenuhi tujuan pelanggan dan keuangan Anda? Itulah pertanyaan yang dijawab oleh visi ini.

Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Apotek Kasih Farma

Di sini Anda akan menetapkan tujuan dan sasaran operasional internal – atau dengan kata lain, apa yang dibutuhkan bisnis dan haruskah dilakukan dengan baik untuk meningkatkan kinerja bisnis?

Meskipun perspektif ketiga berkaitan dengan aspek konkrit dari proses, perspektif terakhir ini mempertimbangkan faktor kinerja yang lebih tidak berwujud.

Model bisnis divisualisasikan dalam peta strategi, yang membantu manajer memikirkan hubungan sebab-akibat antara berbagai tujuan strategis.

Artinya, hasil kinerja diidentifikasi serta faktor-faktor utama yang memungkinkan atau mendorong kinerja di masa depan untuk menciptakan gambaran strategis yang lengkap.

Implementasi Balanced Scorecard Di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Batang

“Cetak biru” ini membantu untuk memahami strategi dan melibatkan karyawan serta pemangku kepentingan eksternal dalam penyampaian dan peninjauan strategi.

See also Contoh Surat Izin Usaha Dari Desa Doc

Balanced Scorecard membantu organisasi menyelaraskan proyek dan inisiatif mereka dengan tujuan strategis tertentu, yang pada gilirannya memastikan bahwa proyek dan inisiatif benar-benar terfokus pada pencapaian tujuan strategis.

Pendekatan Balanced Scorecard membantu organisasi mengembangkan indikator kinerja utama untuk berbagai tujuan strategis mereka. Hal ini memastikan bahwa perusahaan mengukur apa yang benar-benar penting.

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan dengan pendekatan BSC melaporkan informasi manajemen yang lebih berkualitas dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Kenali 7 Manfaat Balance Scorecard Bagi Perusahaan Ini

Hal ini memastikan bahwa laporan manajemen terfokus pada isu-isu strategis yang paling penting dan membantu perusahaan mengimplementasikan rencana mereka.

Agar berhasil melaksanakan rencana tersebut, organisasi harus memastikan bahwa semua unit bisnis dan fungsi pendukung bekerja menuju tujuan yang sama.

Balanced Scorecard yang diterapkan dengan baik juga membantu menyelaraskan proses organisasi seperti penganggaran, manajemen risiko, dan analisis dengan prioritas strategis.

Salah satu bagian terpenting dari BSC adalah “peta strategi”, yang mendefinisikan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda sebagai sebuah perusahaan.

Evaluasi Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Kota Denpasar Berbasis Balanced Scorecard

Misi perusahaan Anda merupakan inti dari peta strategi, beserta seluruh strategi yang membantu mewujudkan visi tersebut. Nyatakan secara singkat misi atau visi Anda tidak lebih dari satu atau dua kalimat.

Misalnya, jika Anda memiliki toko roti, misi Anda mungkin adalah “memproduksi dan menyediakan makanan manis yang sehat dan berkelanjutan yang menciptakan senyuman dengan gigi yang sehat”.

Pandangan pertama BSC mengacu pada indikator keuangan yang sama yang biasanya Anda masukkan dalam laporan keuangan perusahaan, seperti neraca dan laporan laba rugi.

Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan

Jika Anda membuat BSC untuk organisasi nirlaba atau organisasi pemerintah, Anda mungkin akan menggunakan metrik yang berbeda di sini, serta metode yang berbeda untuk menganalisis peningkatan.

Balanced Scorecard Adalah: Pengertian Dan 4 Perspektif Di Dalamnya

Ini mungkin mencakup hierarki atau struktur bisnis Anda, serta jumlah karyawan yang mengelola setiap bagian bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda masih menggunakan model toko roti, proses internal Anda mungkin terdiri dari pemasok tempat Anda membeli bahan, kasir atau staf layanan pelanggan, pembuat roti, dan manajemen.

Perspektif “pelanggan” BSC berfokus pada layanan pelanggan Anda dan hubungan yang dimiliki pelanggan dengan perusahaan Anda.

Jika Anda melihat dari perspektif ini, Anda dapat menentukan seberapa setia pelanggan Anda dan seberapa puas mereka terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard Untuk Organisasi Sektor Publik

Misalnya, misalnya

Penerapan balance scorecard pada bank mandiri, contoh balance scorecard perusahaan makanan, contoh balance scorecard, contoh kasus balance scorecard pada perusahaan, contoh balance scorecard perusahaan jasa, penerapan balance scorecard pada perusahaan, contoh balance scorecard perusahaan manufaktur, penerapan balance scorecard pada perusahaan jasa, contoh soal balance scorecard, balance scorecard perusahaan, contoh balance scorecard di perusahaan, contoh balance scorecard perusahaan

Artikel perihal Contoh Penerapan Balance Scorecard Pada Perusahaan dapat Anda temukan pada Bisnis .

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *